Senin, 04 November 2013

TULISAN 2



Eximbank Optimis 2014 Bisa Salurkan Kredit

Kamis, 31 Oktober 2013 | 19:50 WIB

Metrotvnews.com : Tahun depan, Indonesia Eximbank optimis mampu menyalurkan pembiayaan kredit sebesar 20 % ke sektor UKM.

“ Yang terpenting  saat ini adalah menambah jumlah network kita didaerah-daerah. Karena  UKM kan usaha kecil dan jumlahnya banyak, jadi beda dengan pembiayaan ke korporasi yang besar yang 1 korporasi saja bisa disalurkan Rp 300 milyar. Tapi kalau UKM itu paling maksimal hanya sanpai Rp 50 milyar, “jelas Direktur Pelaksana Indonesia Eximbank, Basuki Setyajid dalam acara Business Gathering di Bogor, Kamis (31/10).

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Harry Azhar Azis meminta agar pembiayaan kredit ke sektor UKM yang disalurkan oleh Eximbank bisa ditingkatkan mencapai angka 20% dari total pembiayaan ekspor. sebab, menurutnya saat ini penyaluran kredit kesektor UKM barulah mencapai angka 4%.

“kalau bisa mencapai angka 20%. Pada saat ini pembiayaan kredit ke UKM dan nelayan kita itu baru mencapai 4% dan kita akan terus memperjuangkan itu. Banyangkan kalau sektor UKM kita sangat banyak itu mendapatkan kredit yang besar, maka sektor UKM kita bisa menjadi raksasa bagi perekonomian nasional,” ujarnya.

Menurut laporan keuangan eximbank (Unaudited) sampai dengan 30 September 2013, total pembiayaan kredit baru telah mencapai angka Rp 35,7 triliun yang mengalami peningkatan dari periode 31 Desember 2013 sebesar Rp 27 triliun.

Pembiayaan kredit yang disalurkan ke sector UKM barulah mencapai Rp 2,64 triliun di priode 31 Desember 2013 atau mengalami kenaikan dari periode Desember 2012 telah mencapai Rp 2,35 triliun.

Analisis :
Rencana EximBank untuk menyalurkan pembiayaan kredit sebesar 20% ke sektor UKM sangat bermanfaat untuk para pengusaha kecil menegah karena bisa menjadi raksasa bagi 
Perekonomian nasional.

Sumber  :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar