Rabu, 08 Januari 2014

TULISAN 18



Indonesia akan Perkuat Kerjasama dengan Jepang di Bidang Infrastruktur

Jum'at, 27 Desember 2013 | 21:40 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Boediono bertemu dengan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang Akihiro Ohta di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (26/12). Keduanya banyak berbicara terkait pembangunan infrastruktur.

Menurut Ohta, Indonesia adalah mitra strategis Jepang yang sangat penting, begitu juga sebaliknya. Apalagi tahun ini adalah tahun istimewa bagi kedua negara, karena memasuki 55 tahun hubungan Jepang dan Indonesia.

Ohta menyampaikan keinginannya untuk bekerjama dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. “Dengan pengalaman Jepang, kami ingin berbagi informasi untuk mendukung pembangunan MRT di Jakarta,” ujar Ohta.

Selain itu, Ohta pun mengatakan akan melakukan kerjasama dalam pembangunan kereta cepat antara Jakarta-Bandung, pembangunan perluasan bandara Soekarno-Hatta dan saluran air kotor di Jakarta.

Selain dalam pembangunan infrastruktur secara fisik, Ohta menambahkan, pihak Jepang juga memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam pengoperasian bandara dan pelabuhan.

“Kami juga memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam mengatasi kemacetan, misalnya jalur khusus untuk belok kanan, pengaturan rambu lalu-lintas. Jadi bukan hardware, tapi juga software-nya,” ujar Ohta.

Wapres menyambut baik inisiatif kerjasama Jepang–Indonesia. Indonesia, menurut Wapres, sangat ketinggalan dalam pembangunan infrastruktur di segala sektor.

Wapres menambahkan bahwa kerjasama yang dilakukan dapat menggunakan skema public private partnership (PPP), terlebih saat ini pemerintah telah mengeluarkan peraturan yang lebih jelas mengenai PPP. (Akhmad Mustain)

Analisis :
Menurut saya, apabila kerjasama kedua negara tersebut benar terjadi pasti akan memberikan keuntungan di masing-masing negara. Terutama Indonesia, karena bisa banyak belajar dari pengalaman yang telah dimiliki oleh negara Jepang, dan dapat kita ketahui bahwa negara Jepang memiliki banyak keunggulan yang telah diakui oleh negara lain di dunia.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar