Rabu, 08 Januari 2014

TULISAN 11


Jepang Seriusi Rencana RI Bangun Kereta Cepat
Jumat, 27 Desember 2013 | 13:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang Akihiro Ohta hari ini melakukan pertemuan dengan Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa membahas tentang kerjasama pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Ditemui seusai pertemuan dengan Hatta, Ohta mengatakan dirinya telah bertemu dengan Hatta di Jepang pada saat steering comittee meeting ke-4 mengenai MPA (Mass Priority Area). Hari berikutnya Ohta mengatakan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pertemuan khusus KTT ASEAN-Jepang.

"Pada waktu itu ada kesepakatan untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia. Baru saja saya bertemu dengan Pak Hatta Rajasa membahas tentang kerjasama pembangunan MRT, kereta cepat (shinkansen), kemudian juga masalah pengolahan limbah. Ada juga pembangunan infrastruktur lain seperti pelabuhan dan lainnya," kata Ohta di Kantor Menko Perekonomian, Jumat (27/12/2013).

Lebih lanjut, Ohta mengungkapkan ia dan Hatta sepakat untuk memperkuat dan memajukan kerjasama pembangunan infrastruktur. Kedua menteri juga telah sepakat bahwa kerjasama ini akan terus ditingkatkan.

"Yang baru saja di dalam ruangan dengan Pak Menteri kami bahas secara global, jadi kerjasama pembangunan infrastruktur. Tapi kalau detailnya karena ini tingkat menteri tidak dibahas secara detail," ujar Ohta.

Lebih lanjut, Ohta menjelaskan kedua menteri sepakat mengenai sangat pentingnya pembangunan infrastruktur di Indonesia. "Kami dari Jepang akan membantu dalam berbagai hal, termasuk masalah teknologinya," tegas dia.

Analisis :
Menurut saya kerja sama antara jepang dengan Indonesia sangat bagus karena dapat kita ketahui bahwa jepang adalah negara maju, sehingga dapat membantu Indonesia dalam pembangunan infrastruktur .

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar